Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ampuh Mempromosikan Usaha Rumah Makan

Pasarmakanan.com - Setelah Anda membuka usaha rumah makan, jangan lupakan bagaimana strategi promosinya. Promosi ini akan mengenalkan produk makanan Anda kepada calon konsumen. Tak hanya mengenalkan, promosi jugalah yang akan ikut membantu penjualan sewaktu rumah makan Anda baru dibuka.

Meskipun tidak wajib melakukan promosi, sebenarnya tak ada salahnya brand usaha rumah makan Anda diketahui warga sekitar. Ada banyak keuntungan jika Anda melakukan promosi, setidaknya warga sekitar mengetahui bahwa Anda membuka rumah makan meski ia belum berniat membelinya.

Tapi lagi-lagi, jika Anda baru membuat usaha rumah makan dan belum pernah memiliki pengalaman dalam soal promosi, berikut ini Pasarmakanan.com paparkan cara ampuh dalam mempromosikan usaha rumah makan Anda.

Cara Mempromosikan Usaha Rumah Makan
Source: Merio/Pixabay

1. Menyebarkan stiker atau poster

Cara ini merupakan cara konvensional, tetapi terkadang cukup berhasil dalam memperkenalkan suatu brand. Cobalah buat stiker atau poster yang tak terlalu besar. Anda bisa membagi-bagikannya atau menempelnya di tempat-tempat yang sering dilewati orang. Ingat ya, jangan menempel di tempat yang tak diperbolehkan.

Anda juga dapat membagikan stiker ke pelanggan-pelanggan awal Anda. Bisa juga meminta mereka menempelkan stiker tersebut di bagian belakang mobil. Promosi dari stiker yang ditempelkan di belakang mobil ini tentunya akan selalu terlihat oleh orang lain.

2. Mempromosikan melalui media sosial

Saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pengguna media sosial. Maka alangkah lebih baiknya jika bisnis rumah makan Anda juga dipromosikan melalui media sosial. Selain menggunakan media sosial gratis, juga bisa mendatangkan pelanggan dalam jumlah tak terbatas.

Atau jika Anda ingin menggunakan promosi yang tertarget dan muncul di beranda media sosial orang lain, maka bisa beriklan dengan cara berbayar. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads. Namun jika Anda merasa gaptek dalam mempromosikannya bisa meminta bantuan orang yang lebih paham.

Zaman sekarang promosi produk apa pun itu sangat mudah. Tinggal bagaimana Anda siapkan budget untuk melakukan promosi. Soal budget, tak perlu khawatir karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Dari mulut ke mulut

Promosi dari mulut ke mulut merupakan teknik paling ampuh dalam mempromosikan usaha rumah makan Anda. Teknik ini juga termasuk cara konvensional. Anda dapat menggunakan teknik ini dengan memberikan tester produk makanan, misalnya, di wilayah sekitar, lingkungan RT, kelurahan, acara arisan, dan lain sebagainya.

Berikan tester makanan yang terbaik. Jika produk Anda enak, maka dengan sendirinya orang-orang akan mempromosikan produk Anda karena memang rasanya wajib dicoba oleh orang lain.

4. Konsep rumah makan

Ketika Anda hendak membuat rumah makan, hal yang juga harus dipikirkan adalah mengenai konsep rumah makan. Apakah serupa dengan rumah makan lainnya atau Anda ingin membuat konsep yang berbeda? Sebenarnya ada banyak usaha rumah makan yang sukses karena diwujudkan dari konsep pendirinya, seperti Warunk Upnormal.

Anda bisa mendesain interior atau eksterior rumah makan Anda berdasarkan konsep yang Anda miliki. Buatlah konsep yang berbeda dari orang lain agar pelanggan merasakan sensasi yang berbeda ketika mempir di rumah makan Anda.

5. Promosi khusus

Promosi khusus ini bisa menjadi daya tarik bagi konsumen untuk datang ke warung makan Anda. Misalnya, Anda memberikan harga diskon atau makan gratis untuk orang yang berulang tahun di tanggal yang Anda tentukan atau di bulan launching warung makan Anda.

Cara lainnya misalnya Anda memberikan diskon untuk para pelajar, ibu hamil, atau pekerja di bidang tertentu. Selebihnya Anda bisa melakukan promosi sesuai dengan gaya dan kreasi Anda sendiri.

Demikian beberapa cara promosi untuk usaha rumah makan yang bisa Anda coba. Semoga sukses! Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke orang lain.

Posting Komentar untuk "5 Cara Ampuh Mempromosikan Usaha Rumah Makan"

Berlangganan via Email