Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Lakukan 5 Hal Penting dalam Memulai Usaha Rumah Makan

Pasarmakanan.com – Mendirikan usaha rumah makan memerlukan pengetahuan awal yang cukup. Kalaupun tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis rumah makan, setidaknya Anda telah memiliki rambu-rambu yang harus ditaati.

Rambu-rambu ini semacam aturan apa saja yang penting untuk memulai bisnis warung makan. Anda bisa mendapatkan pemahaman mengenai hal ini dari mana saja, termasuk juga dalam artikel yang sedang Anda baca ini.

Setelah sebelumnya Anda membaca artikel “Cara Mengawali Usaha Rumah Makan agar Sukses dan Laris Manis”, kini Anda harus memahami beberapa hal penting dalam bidang usaha tersebut. Yuk disimak rangkuman dari Pasarmakanan.com berikut ini.

Memulai Usaha Rumah Makan
Source: spinheike/Pixabay

1. Modal usaha rumah makan

Rumah makan adalah bisnis yang terhitung masih skala kecil, maka modal yang dikeluarkan juga tidak besar sebagaimana restoran.

Namun penyiapan modal juga harus dilakukan sebelum usaha rumah makan Anda berjalan, bahkan jauh tiga bulan ke depan. Jangan hanya menyiapkan untuk modal satu bulan, tetapi beberapa bulan, bahkan satu tahun ke depan.

Apabila modal Anda dirasa tidak mencukupi, bahkan untuk tiga bulan ke depan, maka Anda harus mencari jalan mendapatkan modal tersebut. Untuk mendapatkan modal, di antaranya bisa melalui rekanan bisnis, KUR (kredit usaha rakyat), investor, dan pihak ketiga lainnya.

2. Lakukan riset pasar terlebih dahulu

Apa pun makanan yang Anda jual, jika tidak pernah melakukan riset pasar, maka bisa saja bisnis Anda tidak berjalan sesuai harapan.

Pendek kata, misalnya Anda harus tahu dan bisa menyesuaikan "rasa" berdasarkan tempat di mana Anda akan menjualnya. Pasalnya, lingkungan amat mempengaruhi cara bagaimana masyarakat mengonsumsi makanan.

Selain itu, adanya riset juga memudahkan Anda menentukan jenis makanan yang akan dijual. Artinya, Anda menjual makanan berdasarkan “apa yang dibutuhkan” masyarakat setempat.

Misalnya, tentu berbeda makanan seperti apa yang dijual di Indonesia bagian timur dan bagian barat. Tiap wilayah ini mewakili selera berdasarkan kondisi lingkungan yang membentuknya.

3. Lokasi tempat usaha

Benar jika ada yang mengatakan bahwa lokasi usaha akan menentukan keberhasilan Anda. Apalagi yang Anda jual adalah makanan yang disajikan di rumah makan. Tentu pelanggan tersebut dipastikan makan di tempat.

Itu sebabnya, mengapa rumah makan harus berada pada lokasi yang strategis agar mudah dijangkau pelanggan.

Pikir dua kali jika ingin membuat usaha rumah makan tetapi letaknya, misalnya, berada di dalam perumahan, bukan di pinggir jalan.

Meskipun ada saja rumah makan yang laku keras meskipun berada di lokasi yang kurang strategis. Tapi untuk permulaan dan ke depannya agaknya perlu diperhatikan lokasi tempat membuka usaha rumah makan.

Namun perkecualian jika Anda ingin membuka usaha kuliner bukan di lokasi yang strategis, maka Anda perlu menjualnya secara online, seperti menggunakan aplikasi Gofood atau GrabFood.

4. Ketersediaan bahan baku

Bahan baku juga termasuk salah satu faktor yang penting dalam usaha makanan.

Jangan sampai ketika jumlah pengunjung di atas rata-rata, rumah makan Anda kehabisan bahan baku. Nah, di sinilah pentingnya melebihkan bahan baku agar tidak keteteran suatu hari.

Anda dapat melakukan cara penghitungan kebutuhan bahan baku per hari dan memastikan bahan baku tersebut tersedia lebih.

5. Tenaga kerja

Dalam usaha rumah makan, keberadaan tenaga kerja akan menunjang kesuksesan bisnis.

Nah, Anda dapat menentukan siapa yang bekerja di rumah makan? Apakah Anda bersama pasangan? Atau Anda akan mempekerjakan orang? (Ini dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan.)

Jika memang modal yang Anda miliki cukup besar, maka Anda dapat memilih koki yang bisa memasak dengan enak dan tahu apa yang dibutuhkan di dapur.

Di samping itu, dalam usaha rumah makan pelayanan juga harus bagus, seperti jangan sampai membuat pelanggan menunggu makanan terlalu lama.

Pasalnya, ada juga tipe pelanggan yang kurang sabaran sehingga bisa jadi enggan ke rumah makan yang pelayanannya lambat.

Demikianlah tips yang dapat kami berikan untuk Anda. Jika informasi ini berguna, jangan lupa dibagikan kepada orang lain.

Posting Komentar untuk "Wajib Lakukan 5 Hal Penting dalam Memulai Usaha Rumah Makan"

Berlangganan via Email