Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Aneka Jajanan Pasar yang Rasanya Asin

Pasarmakanan.com – Jajanan pasar adalah makanan yang umumnya digemari masyarakat kita karena makanan tersebut sudah populer, rasanya lezat, dan tentu harganya pas di kantong. Sebenarnya jika kita ingin menjelajahi jajanan pasar, maka tak akan terhitung banyaknya.

Di setiap wilayah di Indonesia sendiri memiliki jajanan pasar masing-masing. Bahkan dari Sabang sampai Merauke bisa dibilang memiliki jajanan pasarnya sendiri.

Tapi dalam artikel ini, kami akan membuat daftar khusus jajanan pasar yang rasanya asin. Mau tahu apa saja jajanan pasar yang rasanya asin? Yuk simak artikel Pasarmakanan.com berikut.

Jajanan Pasar Rasa Asin
Source: dmweye/Pixabay

1. Bakwan jagung

Bakwan jagung adalah salah satu jajanan pasar yang rasanya asin dan gurih. Di warung-warung makan seperti warteg bakwan jagung sering kita jumpai. Makanan ini biasa dijadikan lauk pendamping nasi.

Dalam membuat bakwan jagung, kunci kelezatannya adalah pada bawang merah goreng yang dicampur dengan bumbu dan adonan. Inilah yang membuat bakwan jagung lezat.

2. Martabak asin

Martabak yang dikenal di Indonesia terbagi menjadi dua, yakni martabak telur dan martabak manis. Orang yang suka makanan ringan asin dapat memilih martabak telur.

Martabak telur digemari karena rasa gurih telur bebek dan daging plus bumbu bercita rasa asin yang enak. Belum lagi ketika kulit martabak dikunyah akan menimbulkan sensasi krenyes-krenyes renyah.

3. Kue cubit asin

Kue cubit adalah makanan ringan lokal dan bentuknya unik. Makanan berbahan dasar tepung terigun ini pada umumnya memiliki rasa manis, tapi ada juga yang bercitarasa asin dan gurih.

Untuk kue cubit yang rasanya cenderung asin, biasanya menggunakan bahan dasar tambahan, yaitu potongan ayam.

4. Sempol ayam

Sempol ayam adalah makanan yang berasal dari Malang. Rasanya gurih dan agak asin. Makanan yang banyak dijual di kaki lima ini ternyata menjadi makanan favorit masyarakat.

Bahan dasar sempol ayam adalah tepung tapioka, daging ayam, dan bumbu yang dililitkan pada tusuk satai. Makanan ini unik dan hingga kini banyak kreasinya dengan tambahan bahan dasar seperti keju, tahu, udang, dan sayuran.

5. Risol bihun

Risol bihun juga termasuk makanan pinggiran jalan yang disukai masyarakat. Biasanya risol bihun dijual bersamaan dengan aneka gorengan. 

Ketika dikunyah akan ada bunyi kriuk sehingga bikin kita ketagihan. Isian risol bihun tak hanya bihun. Anda bisa memadukan dengan potongan sayur mayur.

6. Cimol

Cimol adalah makanan ringan berbentuk bulat yang menggunakan bahan baku tepung kanji. Makanan ini juga termasuk jajanan pasar yang banyak dijual di pinggir jalan.


Cimol biasanya dimakan dengan tambahan bumbu. Anda tinggal pilih bumbunya saja: apakah rasa gurih, pedas atau asin. Selain itu, cara memakan cimol biasanya menggunakan tusukan kayu seperti saat makan cilok.

7. Tempe mendoan

Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang atau tidak terlalu matang. Bentuk tempe mendoan tipis dan dibungkus daun pisang. Berbeda dengan tempe goreng yang harus digoreng sampai matang dan bentuknya cenderung lebih tebal.

Rasa tempe mendoan ini unik, ada asin dan gurihnya. Setelah dicampur bumbu dan tepung, tempe bisa langsung digoreng sebentar dalam minyak panas. Biasanya tempe mendoan dikonsumsi bersama dengan cabe rawi atau sambal kecap manis.

8. Lumpia

Lumpia adalah kudapan populer Indonesia. Berisi rebung, telur, daging, sayuran, bihun, sampai ikan membuat makanan ini kaya akan rasa. 

Pasalnya, rasa lumpia adalah paduan dari asin, gurih, dan manis. Meskipun lumpia termasuk jajanan pasar, lumpia juga sering menjadi kudapan yang disajikan di hotel-hotel.

9. Tahu jeletot

Tahu jeletot adalah lebih dikenal gehu merupakan makanan ringan/gorengan yang berasal dari Bandung. Isi tahu jeletot adalah sayuran toge, wortel, dan bumbu cabai pedas.

Selain rasa gurihnya, tahu jeletot termasuk yang rasanya pedas. Bagi penggemar pedas, tentu Anda akan menyukai makanan yang satu ini.

10. Cilok

Cilok adalah jajanan pasar yang berasal dari Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung tapiokal yang dibuat sedemikian rupa hingga kenyal. Kemudian ditambahkan bumbu pelengkap seperti saus, sambal kacang, dan kecap.


Cilok adalah jajanan yang disukai masyarakat Indonesia. Cilok juga sering dijual di pinggir jalan yang dijajakan pedagang kaki lima. Meski demikian, cilok kini sudah banyak variasinya sehingga tak cuma dijual di kaki lima atau pasar saja.

11. Tahu bulat

Tahu bulat adalah jajanan pasar yang cukup unik karena bentuk bulat mengembang dari ukuran asalnya. Saat Anda makan, maka tahu bulat akan kempes karena tengahnya kopong.

Meski demikian, tahu bulat termasuk jajanan pasar yang cukup populer. Rasanya gurih, asin, dan lezat, apalagi ditambahkan bumbu tabur asin atau pedas.

12. Pastel

Pastel adalah jajanan pasar yang mudah kita temui di mana-mana. Pastel juga sering menjadi kudapan untuk acara-acara seperti arisan atau kumpul-kumpul keluarga.

Makanan ini dibuat dari tepung terigu dan sebetulnya pastel termasuk jenis pastry. Isian pastel beragam, bisa menggunakan daging, abon, sayuran, ebi, dan kacang.

13. Risoles

Risoles merupakan jajanan pasar yang berasal dari negeri Belanda. Dari arti katanya, risoles adalah pastri yang berisi daging cincang dan sayuran yang dibungkus dadar kemudian digoreng setelah dilapisi tepung panir dan telur ayam.

Risoles dapat dikonsumsi dengan sambal botol, cabai rawit, dan saus kacang. Isian risoles seperti wortel, buncis, kentang, daging sapi, daging ikan, jamur kancing, daging sapi, dan lain-lain.

14. Cireng

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari Jawa Barat. Jajanan pasar ini terbuat dari adonan tepung kanji/tepung tapioka. Nama cireng berasal dari singkatan "adi digoreng".

Cara menikmati cireng bisa dengan saus kacang, saus tomat, atau saus sambal. Setelah dicelup, Anda akan menikmati rasa gurih, asin, dan pedas yang menggugah selera makan.

15. Jamur crispy

Jamur crispy adalah camilan yang terbuat dari jamur yang digoreng. Tekstur makanan ini gurih dan renyah. Jamur crispy cocok dijadikan camilan di waktu santai Anda.

Demikian aneka jajanan pasar yang rasanya asin yang bisa Anda nikmati. Semoga informasi ini membantu ya!

Posting Komentar untuk "15 Aneka Jajanan Pasar yang Rasanya Asin"

Berlangganan via Email