Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi dan Cara Menjual Jajanan Pasar

Pasarmakanan.com - Jajanan pasar adalah makanan tradisional warisan budaya masyarakat Indonesia. Meskipun kini banyak bermunculan jajanan-jajanan modern, jajanan pasar sebenarnya tetap memiliki penggemar.

Jajanan pasar dikenal lebih menyehatkan dikonsumsi karena dibuat dari bahan-bahan alami dan tanpa pengawet. Beberapa di antara jajanan lokal yang terkenal adalah kue pancong, kue ape, kue putu, kue rangi.

Umumnya, jajanan pasar sering ditemukan di pasar-pasar, terutama pasar tradisional. Namun kini banyak pula jajanan tradisional yang dimodifikasi, baik dalam bentuk maupun rasa.

Jika Anda ingin menjajal berbisnis dengan menjual jajanan pasar, Anda memerlukan tips dan strategi yang sudah dirangkum Pasarmakanan.com berikut ini.

Cara Menjual Jajanan Pasar
Source: dmweye/Pixabay

Strategi menjual jajanan pasar

Persaingan bisnis makanan sekarang ini memang ketat. Munculnya berbagai inovasi membuat varian makanan tertentu menjadi viral dan laris di pasaran. Sebaliknya, makanan sejenis yang tidak dimodifikasi mengalami penurunan penjualan.

Fenomena ini harus Anda sikapi dengan baik karena selera dan ekspektasi masyarakat terhadap makanan berubah seiring berjalannya waktu.

Dalam hal ini, jajanan pasar pun memiliki peluang untuk bersaing di pasar makanan Indonesia. Setidaknya Anda perlu meningkatkan beberapa hal penting berikut:

1. Konsistensi

Dalam berbisnis makanan, Anda perlu suatu konsistensi yang panjang dan menjadikan produk makanan Anda dikenal konsumen.

Bangunlah citra yang baik pada produk makanan Anda, seperti rasa yang enak dan unik.

Buatlah brand jajanan pasar Anda melekat pada hati konsumen sehingga mereka hanya mengenal produk jajanan pasar Andalah yang paling enak dan berbeda.

2. Menjaga kualitas

Kualitas jajanan pasar harus berada pada urutan pertama. Meskipun harga bahan baku sering kali fluktuatif, Anda harus tetap menjaga citarasa.

Jangan sampai harga bahan baku yang tinggi mempengaruhi kualitas dan citra yang sudah Anda bangun. Perlu strategi khusus dalam menghadapi kenaikan harga bahan baku dengan tetap mempertahankan citarasa.

3. Kemasan unik

Kemasan yang unik akan membantu produk jajanan pasar Anda diminati konsumen.

Apa pun produk jajanan pasar, jika dikemas secara menarik tentu akan memiliki nilai tambah ketimbang produk sejenis yang dikemas ala kadarnya.

Cara menjual jajanan pasar

Biasanya, produk jajanan pasar yang dijual di pasaran adalah produk konsumsi siap makan dan bukan untuk diolah kembali.

Produk jajanan pasar ini juga umumnya ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, misalnya arisan, acara pengajian, acara ulang tahun, dan lainnya. Tak terkecuali, jajanan pasar juga ditujukan untuk penganan di rumah.

Berikut ini adalah cara menjual jajanan pasar agar dapat bertahan di pasaran dan memiliki pelanggan tetap.

1. Konsep yang matang

Sebelum memulai bisnis jajanan pasar, Anda harus memiliki konsep atau perencanaan yang matang.

Konsep ini wajib memperhatikan beberapa hal berikut: daya beli, sumber bahan baku, gaya hidup masyarakat, dan kompetitor.

Coba Anda putuskan konsep/perencanaan terkait beberapa hal tersebut sebelum melangkah lebih lanjut.

2. Online atau offline

Anda bisa memilih platform online atau offline untuk menjual jajanan pasar. Jika ada modal untuk sewa tempat, maka lebih baik Anda menjual secara offline. Namun tidak menutup kemungkinan juga sekaligus menjual secara online.

Sebaliknya, jika Anda hanya ingin menjual jajanan pasar secara online, maka Anda tidak perlu memikirkan lokasi. Melainkan berpikir sejauh mana promosi bisnis Anda bisa berkembang secara online.

Untuk menjual jajanan pasar dengan online, maka Anda harus akrab dengan media sosial. Platform media sosial adalah tempat gratis untuk berjualan dan jangkauannya juga sangat luas.

Kelebihan berjualan offline, konsumen akan dapat langsung melihat produk Anda dan jual beli juga lebih aman.

Sebenarnya berjualan yang aman secara online juga bisa. Tapi jika media sosial Anda baru berjalan dan belum ada pembelian, Anda dapat membuat lapak di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya.

Di marketplace jual-beli lebih aman dan calon konsumen dapat langsung membeli produk Anda tanpa rasa khawatir. Namun jika produk Anda sudah terkenal, sebenarnya Anda pun dapat berjualan langsung di media sosial.

3. Memperluas jaringan pasar dengan inovasi

Ketika Anda sudah mulai berjualan tentunya ada produk sejenis yang juga dijual kompetitor. Nah, Anda harus bisa menghadapi persaingan bisnis ini.

Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memperluas pasar produk.

Apabila mulanya Anda hanya menjual kue cucur gula merah, maka Anda harus menambah dengan membuat varian menu kue cucur lainnya, seperti kue cucur buah naga, kue cucur pandan, kue cucur vanila, dan lainnya.

Memperluas pangsa pasar ke depannya akan menambah pendapatan dan memberikan nilai tambah pada pelanggan jajanan pasar Anda.

4. Standarisasi produk

Ketika Anda sudah memiliki pangsa pasar yang luas dan pelanggan tetap, maka Anda harus melakukan standarisasi produk.

Standarisasi ini adalah resep baku yang akan menghasilkan citarasa yang seragam. Jangan sampai, rasa produk jajanan pasar berbeda-beda untuk satu jenis makanan.

Semoga bisnis jajanan pasar Anda berjalan dengan lancar!

Posting Komentar untuk "Strategi dan Cara Menjual Jajanan Pasar"

Berlangganan via Email